Gratisan :
Home » , , , , , » Tips Mengatasi Sakit atau Nyeri saat Haid

Tips Mengatasi Sakit atau Nyeri saat Haid

Written By miraku on Selasa, 10 Januari 2012 | 10.57

Buat remaja putri yang sudah baligh, kedatangan tamu bulanan yang biasa disebut haid atau menstruasi adalah hal biasa. kedatangan Haid/Menstruasi atau datang bulan terkadang disertai rasa sakit atau nyeri. Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Bagaimana mengatasi rasa sakit atau nyeri saat haid/menstruasi?



Setiap wanita pasti menginginkan saat tiba tamu bulanan tidak merasa tersiksa karena nyeri atau sakit saat haid. Untuk itu, berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi sakit pada saat menstruasi :

  • Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut. Rasa hangat dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Pijat daerah perut secara perlahan-lahan.
  • Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal.
  • Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan dapat menekan perut saat datang haid.


Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat datang bulan.
Share this post :

+ komentar + 4 komentar

21 Februari 2013 12.09

oh gitu toh cara, thanks for tipsnya

19 September 2013 21.21

kalau lelakinya ngajak terus gimana mbak,, apakah kita harus nolak...

8 Mei 2015 12.59

Datang bulan bagi setiap perempuan terkadang sangat tersa sakit, temukan penyebab dan cara menanggulangi nyeri haid di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

27 Februari 2016 18.44

Saat nyeri haid datang, saya biasa memberikan ramuan herbal dari asam jawa plus madu yang di campur dengan air hangat dalam gelas, jika kurang manis bisa di tambah gula sedikit. Setelah itu buat istirahat, berangsur angsur sakit atau nyeri haid ilang.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Catatan Bunda Alif | Powered By Blogger
Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Bang One