Gratisan :
Home » , , » Perubahan pada Bunda di Kehamilan Trimester Pertama

Perubahan pada Bunda di Kehamilan Trimester Pertama

Written By miraku on Sabtu, 10 Desember 2011 | 11.11

Buat para calon ibu, jangan heran, khawatir atau was-was jika mengalami beberapa perubahan saat kehamilan trimester pertama. Tahap pertama kehamilan dapat membawa beberapa perubahan dalam tubuh anda. Tubuh anda akan tumbuh dan berubah untuk mengakomodasi perkembangan janin, dan dapat juga terjadi periode ketidaknyamanan untuk anda. Bagaimanapun juga, ingat bahwa ini adalah bukan penyakit tetapi sesuatu yang alamiah.

Kehamilan trimester pertama dipenuhi oleh banyaknya perubahan pada ibu. Sejumlah ibu akan mengalami perasaan tidak nyaman dan problem seperti muntah berlebihan, pertambahan berat, nyeri ulu hati, pusing, dan lelah. Kram kaki dapat terjadi karena rendahnya kadar kalsium. Beberapa ibu juga dapat mengalami varises. Selalu konsultasikan pada dokter anda, bila merasakan tanda dan gejala berlebihan atau terlalu berat.

Berikut ini Gejala pada awal kehamilan dan usaha untuk mengatasinya

Dalam waktu 2 bulan setelah konsepsi, hormone merangsang tubuh anda untuk memulai memberikan nutrisi pada janin, bahkan sebelum test kehamilan dan pemeriksaan pertama.

Payudara membesar dan menegang. Kenaikan produksi hormon dapat membuat payudara anda lebih sensitive. Payudara anda akan terasa lebih berisi dan berat. Mempergunakan bh yang lebih menyokong seperti bh untuk sport.

Mual dan enek. Perubahan hormonal juga dapat mengakibatkan mual, muntah di awal kehamilan. Mual cenderung membuat kondisi lebih jelek dipagi hari, tetapi dapat berlangsung seharian. Untuk membantu meringankan gejala ini, makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering sepanjang hari. Hisaplah permen. Cobalah jahe atau the jahe. Permen lemon dan peppermint kadang membantu. Hindari makanan yang baunya membuat anda semakin mual. Bila anda tidak dapat makan atau minum lebih dari 24 jam, hubungi pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Rasa lelah yang tidak biasa. Anda mungkin merasa lelah Karenna tubuh anda harus mensuplai dan mendukung nutrisi untuk kehamilan. Jantung terasa lebih cepat dan detaknya lebih kuat, nadi lebih cepat. Untuk melawan rasa lelah tersebut, anda sebaiknya istirahat yang banyak. Pastikan anda mengkonsumsi cukup zat besi dan protein.


Meningkatnya frekuensi berkemih. Mungkin anda perlu buang air kemih lebih sering sejalan dengan membesarnya rahim anda yang menekan kandung kemih. Bahkan tekanan yang kuat tersebut bisa membuat urin keluar sendiri saat anda bersin, batuk atau bahkan saat ketawa. Untuk mengatasi infeksi saluran kencing, bagaimana pun juga buang air kencing begitu anda merasa ingin. Jika tidur terasa terganggu karena harus ke kamar kecil tengah malam, kurangi minum setelah malam. Memakai panty liners juga bermanfaat jika anda takut urin keluar saat tertawa misalnya.

Dizziness. Sirkulasi normal berubah saat awal kehamilan yang mungkin dapat menyebabkan sedikit "kliengan" Stress, kelelahan dan lapar juga mempunyai peran. Untuk mengurangi gejala tersebut, hindari berdiri terlalu lama. Berdiri perlahan setelah tiduran atau duduk. Bila terasa mulai kliengan saat menyetir, berhentilah, dan bila saat berdiri, duduklah bahkan berbaringlah segera.

Carilah pertolongan segera apabila rasa kliengan berat dan terjadi bersamaan dengan nyeri abdomen dan perdarahan. Ini mungkin mengindikasikan suatu kehamilan ektopik, suatu kondisi dimana sel telur berimplan diluar rahim. Untuk menyelamatkan jiwa maka jaringan ektopik harus diambil.

Sumber : wikimu
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Catatan Bunda Alif | Powered By Blogger
Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Bang One