Gratisan :
Home » , , , » Mengenal Tanda-tanda Kehamilan

Mengenal Tanda-tanda Kehamilan

Written By miraku on Kamis, 08 Desember 2011 | 20.00


Bagi pasangan baru, memperoleh keturunan merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Makanya, mengetahui sang calon ibu hamil tentu sangat membahagiakan. Sebagai pasangan baru, tentu masih belum paham apa saja tanda-tanda kehamilan itu. Sebenarnya kehamilan dapat diketahui tanda-tandanya dengan beberapa cara. Bagaimanakah mengetahui tanda-tanda kehamilan?

Penting bagi calon ibu, terutama wanita yang baru pertama memperoleh kehamilan, mengetahui apakah dirinya hamil atau tidak. Sebab bisa saja jika dia tidak menyadari kehamilannya, akan bertingkah layaknya orang tidak hamil yang akan mengakibatkan keguguran.

Berikut beberapa cara menentukan apakah seseorang hamil atau tidak, atau mengetahui tanda-tanda kehamilan.

Siklus Haid

Satu cara utama untuk mengathui kehamilanadalah dengan memperkirakan siklus haid berikutnya. Pada siklus haid yang teratur maka dipastikan bila ibu tidak mendapatkan haid pada bulan selanjutnya maka dapat dipastikan ibu sudah mendapatkan kehamilan pertama. Namun demikian ada beberapa kondisi yang menyebabkan siklus haid berubah. Diantaranya adalah penggunakan alat KB dan sebab medis lainnya seperti kanker mulut rahim.

Dengan Test Pack

Cara mudah lain yang dapat digunakan untuk memastikan kehamilan pertama diantaranya adalah dengan menggunakan media test pack yang banyak dijual di apotek. Penggunaannya cukup mudah yaitu ibu hamil yang merasa dirinya mendapatkan kehamilan pertama harus mencelupkan alat tersebut sampai batas tertentu kedalam urine pertama (sebaiknya dilakukan setelah bangun pagi karena di saat tersebut ada penumpukan hormon kehamilan). Alat tersebut biasanya mengeluarkan dua tanda strip yang menandakan bahwa memang benar ibu sudah mendapatkan kehamilan pertama

Melalui USG

Kehamilan pertama dapat dideteksi dengan menggunakan alat USG. Dokter kandungan dapat memastikan terjadinya kehamilan apabila dokter melihat adanya pelebaran rahim ibu hamil.

Sensasi Mual dan Muntah

Salah satu penanda umum untuk mengetahui kehamilan pertama adalah mual dan muntah. Apabila ibu mengalami hal ini maka ada kemungkinan ibu sudah mendapatkan kehamilan pertama. Namun demikian masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes pack, USG maupun perhitungan waktu haid.

Ibu sedang mendapatkan kehamilan pertama? Kami ucapkan selamat bagi yang sudah mendapatkannya. Pintu petualangan sebagai ibu sejati menungu di depan. Bersyukurlah karena tidak semua mendapatkan pengalaman mendapatkan kehamilan pertama.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Catatan Bunda Alif | Powered By Blogger
Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Bang One