Gratisan :
Home » , , , , , , , » Perkembangan Kehamilan Minggu Ke-9, Pergerakan Embrio Pertama Kali

Perkembangan Kehamilan Minggu Ke-9, Pergerakan Embrio Pertama Kali

Written By miraku on Selasa, 20 Desember 2011 | 15.49

Artikel berikut masih kelanjutan dari seri artikel kehamilan, kali ini menginjak usia kehamilan minggu ke-9. Di usia ini, embrio pertama kali bisa bergerak. Apa dan bagaimana konsidi kehamilan menginjak usia minggu ke-9?



Berikut perkembangan kehamilan di usia minggu ke-9 dimana embrio sudah mulai bisa bergerak layaknya makhluk hidup

Minggu ini mata embrio sudah memiliki lensa, iris, retina, kornea, dan kelopak mata. Mata janin belum terbuka karena kelopak mata belum terbentuk sempurna. Pigmentasi retina didapatkan pada embrio. Saat ini embrio Ibu sudah menjadi janin yang berarti ‘muda’. Meskipun masih tergolong sangat kecil, embrio Ibu sudah terlihat mirip dengan bayi. Selama perkembangan organ, lengan atas lebih cepat tumbuh dibanding paha dan betis. Lengan sudah berada di lokasi final dan jari-jari mulai memisah. Lekukan yang menandai perkembangan jari tangan di kemudian hari sudah terbentuk.

Tonjol rahang atas (maksila) menyatu dengan tonjol hidung ketika bibir atas terbentuk. Herniasi umbilikus atau masuknya organ pencernaan (usus, lambung) yang berada di luar perut embrio ke dalam perut mulai terjadi minggu ini.

Pankreas, kandung empedu, duktus biliaris, dan anus (dubur) sudah siap di posisi masing-masing. Hati embrio sudah terbentuk dan mulai menghasilkan sel darah merah yang dipompakan ke seluruh tubuh oleh jantungnya yang kecil. Jantung embrio sendiri saat ini sudah terbagi atas 4 ruangan dan berdebar 150x/menit.

Perkembangan luar biasa minggu ini adalah embrio Ibu yang mulai bergerak. Meskipun sudah mulai bergerak, Ibu masih belum bisa merasakannya. Gigi yang sangat kecil sudah berada di bawah gusi, pita suara dan kelenjar ludah mulai terbentuk, serta janin akan mulai membuka mulutnya minggu ini. Pertumbuhan alat kelamin janin Ibu akan dimulai. Panjang janin Ibu saat ini adalah 22-30 mm dengan berat badan sekitar 2 gram.

Ibu akan mulai merasakan peningkatan dari lingkar pinggul minggu ini, meskipun Ibu masih belum terlihat jelas sedang hamil. Apabila Ibu sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, maka kurangi konsumsi kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh, namun jangan mengurangi asupan cairan secara keseluruhan.

Selama hamil, volume darah akan meningkat sekitar 50%. Peningkatan volume darah ini penting untuk memenuhi kebutuhan rahim yang sedang berkembang dan melindungi Ibu dan bayi dari efek yang membahayakan ketika Ibu berbaring atau berdiri. Peningkatan volume darah ini juga berfungsi sebagai pelindung selama persalinan karena kemungkinan banyaknya kehilangan darah.

Peningkatan berat badan Ibu selama kehamilan akan terbagi atas :

* 3,5 kg untuk janin
* 3,5 kg untuk simpanan Ibu (lemak, protein, nutrisi lain)
* 2 kg untuk peningkatan volume cairan
* 1 kg untuk pembesaran payudara
* 1 kg untuk rahim
* 1 kg untuk cairan amnion
* 0,75 kg untuk plasenta

Total dari semua peningkatan berat badan Ibu selama kehamilan ini adalah sekitar 12 – 13 kg.

Tips : Gizi kehamilan

Untuk gizi selama kehamilan, sebaiknya Ibu setiap hari makan 1 atau 2 buah yang kaya akan vitamin C dan minimal 1 kali sayuran berwarna hijau tua atau kuning tua untuk zat besi ekstra, serat, dan asam folat. Makanlah daging merah sebagai sumber dari zat besi. Berhati-hatilah selalu akan makanan yang Ibu makan, beberapa jenis makanan dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Sumber: kedokteran.info
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

5 September 2018 pukul 15.46

Astaghfirullahaladzim...
Ibu Rani, bersyukur Alhamdulillah hanyalah kepada Allah SWT.
Segala kesuksesan, takdir Allah yg menentukan, bukanlah Orang.
Meminta pertolongan hanya kepada Allah, bukan kepada Paranormal.

Jika Ibu mengakui Paranormal yg membuat Ibu sukses, itu namanya Musyrik.

Sesungguhnya percayalah hanya kepada Allah SWT.

Lagipula dalam hal ini yg dibahas kan soal Kehamilan. Mengapa menulis komentar soal Paranormal?

Maaf, hanya sekedar mengingatkan sesama Muslim...

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Catatan Bunda Alif | Powered By Blogger
Distributed By Free Blogger Templates | Designed By Bang One