• Apa saja Nutrisi yang Tepat untuk Mata

    Mata adalah jendela dunia, dan merupakan anugerah Tuhan yang tek ternilai harganya. Tidak terbayangkan jika kita tidak punya mata, bagi kita dunia akan gelap gulita. Oleh karena itu, kita harus bisa mensyukuri nikmat pemberian Tuhan ini, salah satunya dengan menjaga kesehatan mata kita.



    Dengan menjaga kesehatan mata, selain untuk kepentingan kita sendiri, kita juga sudah mensyukuri anugerah yang telah diberikan kepada kita. Untuk itu, kita perlu mengenali nutrisi apa saja yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Berikut nutrisi yang dapat membuat kinerja mata berfungsi secara optimal.

    Antioksidan – Vitamin A

    Vitamin A merupakan antioksidan yang ditemukan dalam makanan yang terbuat dari hewan yang meliputi hati dan telur, buah-buahan dan sayuran berwarna kuning, jingga dan hijau, seperti wortel dan bayam. Susu banyak yang diperkaya juga dengan vitamin A. Vitamin A penting untuk berfungsinya retina. Hal ini juga membantu mencegah kebutaan malam dengan membantu mata untuk beradaptasi antara cahaya terang dan kegelapan. Vitamin A juga membantu mengurangi risiko yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD) dan pembentukan katarak. Mendapatkan jumlah Vitamin A yang cukup penting untuk kesehatan mata dan keindahan mata.

    Antioksidan – Vitamin C

    Vitamin C tidak semuanya untuk kesehatan mata. Vitamin C memperkuat tulang dan otot, menjaga sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi yang baik, menjaga gigi dan gusi sehat, mengurangi risiko banyak penyakit dan tidak mengherankan itu adalah hal penting untuk menjaga mata yang sehat. Vitamin C merupakan antioksidan lain yang juga membantu mengurangi risiko yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD) dan pembentukan katarak. Vitamin C, seperti yang kita semua tahu, tidak hanya bisa ditemukan dalam buah jeruk, tetapi juga paprika hijau, stroberi, brokoli, serta berbagai buah dan sayur lainnya.

    Asam lemak omega 3

    Asam lemak omega 3 bukan hanya berdampak positif bagi kesehatan jantung, tetapi juga sistem penglihatan. Asam lemak esensial ini terbukti mampu melindungi dua pemicu utama kebutaan pada manusia. Hasil penelitian yang dilakukan ahli kesehatan mata dari Children Hospital Boston, dr Lois Smith, menunjukkan bahwa omega 3 membantu mengatur pertumbuhan pembuluh darah di mata. Itu berarti, asam lemak dapat membantu mencegah penyakit mata seperti retinopati dan degenerasi makula berkaitan dengan usia, yang disebabkan pertumbuhan abnormal pembuluh darah. Ini memperkuat penelitian sebelumnya yang menunjukkan, orang yang gemar mengonsumsi makanan mengandung omega 3 (minimal 2 kali sepekan), seperti ikan laut, memiliki risiko terserang penyakit mata lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang makan ikan. Para peneliti mengatakan rantai asam lemak omega-3 membentuk lapisan sel di retina mata. Sel-sel bagian luar retina secara terus-menerus mengalami regenerasi. (sumber: vivanews.com)

    Bilberry

    Bilberry adalah sejenis buah berry yang ditemukan di benua Eropa, menyerupai blueberry di Amerika Serikat. Bentuknya bulat, di daratan Inggris disebut ‘black heart’ (hati hitam) karena warnanya yang kehitaman. Sejak abad ke 16, bilberry telah digunakan sebagai herbal untuk mengobati diare, sebagai astringent, tonik dan antiseptik pada infeksi mulut, serta untuk meningkatkan daya penglihatan mereka di waktu malam. Hal ini karena bilberry mengandung zat flavanoid bernama polifenol. Zat polifenol ini membantu meningkatkan sirkulasi mikro dalam metabolisme tubuh, dan melancarkan aliran darah pada retina mata. Warna bilberry yang ungu gelap mengandung pigmen antosianin. Pigmen ini berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker, mata, jantung dan sistem peredaran darah jantung. (sumber: vivanews.com)

    0 komentar → Apa saja Nutrisi yang Tepat untuk Mata

    Poskan Komentar